A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

Tikar Media

Tikar Media Budaya Nusantara


Office : Jl. Bukit Dago Selatan No. 53A Bandung 40135
Telp. (022) 2514542 Fax. (022) 2514542, Email: info@tikarmedia.or.id, Website: www.tikarmedia.or.id

LEMBAGA

Yayasan Tikar Media Budaya Nusantara adalah sebuah lembaga sosial nirlaba (not for profit), non-pemerintah. Berdiri pada tahun 2006.


TUJUAN

Mengembangkan pengetahuan publik secara komprehensif tentang kebudayaan Indonesia melalui publikasi kesenian, terutama kesenian yang kontekstual dengan sistem kehidupan sosialnya, sehingga pemahaman serta wawasan kesenian dengan azas keberagaman budaya akan tumbuh, yang dengan itu akan meningkat pula daya apresiasi, pengakuan, penghormatan, rasa-kepemilikan, dan kepedulian masyarakat pada nilai-nilai budaya Nusantara, yang akan mendukung kehidupan berbangsa melalui pemulyaan bersama terhadap martabat kemanusiaan.


VISI

Yayasan Tikar merupakan lembaga sosial-budaya yang berperan aktif dalam mengupayakan lahir dan berkembangnya pendokumentasian dan publikasi kesenian di Indonesia melalui media cetak dan audiovisual, yang sesuai dengan kebutuhan dari waktu ke waktu—baik secara sosial, kultural, politis, maupun teknologis—untuk menumbuhkan apresiasi masyarakat terhadap pluralitas budaya.

MISI

Membangun sistem dan forum yang dapat memperbaiki akses publik terhadap media cetak dan audiovisual kesenian, yang akan memperdalam pengetahuan, memperluas wawasan, mengembangkan pemahaman, dan meningkatkan daya apresiasi masyarakat terhadap budaya Nusantara, demi makin tumbuhnya sikap multikultural bangsa yang bijak dan terbuka.

PROGRAM

1. Mengembangkan majalah, jurnal, buku, dan publikasi audiovisual kesenian berwawasan budaya Nusantara, yang bisa menyebar dan diterima oleh berbagai kalangan, baik akademisi, seniman, peneliti, lembaga kesenian, maupun masyarakat luas.

  1. Meningkatkan kegiatan penelitian, pendokumentasian, dan pengarsipan kesenian yang akan mendukung upaya tersebut dalam butir 1.
  2. Menjalin kerja-sama kebudayaan dengan berbagai pihak, baik struktural maupun non-struktural, di dalam negeri maupun di luar negeri, demi tercapainya tujuan di atas.

PENDANAAN/USAHA

Dana untuk pelaksanaan program-programnya didapat dari donatur individual maupun institusional, dalam dan luar negeri, dan melalui usaha-usaha lain yang sah.