Info

Judul : Klana – Kedok

Penulis :

Pustaka :

Sumber :

 

A - B - C - D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z

Klana – Kedok

- Thu, Mar 07 2013 14:15:47

Kedok Klana umumnya dicat dengan warna merah tua. Melihat perangainya sudah dapat ditebak, bahwa kedok ini berkarakter gagah-kasar. Matanya belotot seperti orang terbelalak; berkumis tebal terbuat dari rambut yang dikepang dan bagian ujungnya dibulatkan. Hidungnya mancung, mulutnya menganga dan sedikit menyembul ke luar. Gigi bagian atas agak menjorok ke depan, sepintas terkesan seperti orang yang tengah tertawa terbahak-bahak.

Di bagian dagunya tersungging hiasan janggut yang disebut rengget atau rerengu yang menyatu dengan jambang. Di atas ujung hidung atau di bagian dahi terdapat lekukan sebagai gambaran orang yang tengah mengernyitkan dahi yang disebut dengan renyon Sedangkan di bagian atasnya melintang hiasan yang disebut jamang.

Kedok topeng Klana mempunyai berbagai wanda, antara lain wringut, drodos dan barong. Kedok ini juga sering dipakai untuk berbagai tarian yang karakternya sejajar, antara lain untuk tari topeng Rowana, atau tari topeng Rahwana di daerah Priangan, dan tari topeng Koncaran. Dalam struktur pertunjukan topeng Cirebon, kedok tersebut ditarikan paling akhir.