Pelog – Laras atau Tangga Nada

Pelog – Laras atau Tangga Nada - Thu, Feb 21 2013 11:45:08

  

Pelog adalah salah satu tangga nada atau laras karawitan yang nadanya terdiri atas lima nada pokok dan beberapa nada sisipan. Masing-masing nada mempunyai lambang dan jarak nadanya sendiri. Di Jawa Barat (Sunda) misalnya, penulisan lambang-lambang nada laras pelog dalam notasi lagu atau gending berupa angka-angka dan setiap angka mempunyai sebutannya sendiri. Angka-angka sebagai lambang nada dan sebutannya itu kemudian disebut serat kanayagan. Untuk laras pelog lambang nadanya ialah sebagai berikut:

5+ = leu, 1 = da, 2 = mi,  3-= ni,  3= na, 4 = ti, 5 = la

Sebagai catatan, bahwa di samping lambang-lambang tersebut ada lagi dua buah lambang nada yakni 1- = di, dan 2+ = meu. Akan tetapi, kedua lambang tersebut hanya ditemukan dalam beberapa notasi lagu karya Mang Koko. Semua laras yang ada di daerah Sunda tersebut, oleh penemunya yakni Raden Machjar Angga Kusumadinata, dinamakan Titi Laras DAMINA.

Di Jawa Tengah, hal yang sama disebut dengan notasi Kepatihan, yang dilambangkan sebagai berikut:

7 = pi, 6 = nem, 5 = mo, 4 = pat, 3 = lu, 2 = ro, 1 = ji

Di dalam gamelan yang berlaras pelog, dikenal istilah Pelog Jawar, Pelog Liwung, dan Pelog Sorog, yang dalam teori karawitan disebut dengan surupan. Di Cirebon, gamelan berlaras pelog mempunyai bermacam-macam tingkatan bunyi yang dikenal dengan sebutan Pelog Asmaroneng, Pelog.

Jarak atau interval nada laras pelog ada dua macam, yakni pelog tujuh nada dan pelog sembilan nada. Pelog tujuh nada biasanya terdapat dalam susunan gamelan pelog, sedangkan pelog 9 nada biasanya hanya dipergunakan untuk kepentingan penulisan lagu. Contoh keduanya sebagai berikut:

1.      Pelog Tujuh Nada

 

1        2        3-         3         4         5       5+         1

 

 

133,3 cent   399,9 cent       133,3 cent   133,3 cent      399,9 cent

 

2.      Pelog Sembilan Nada

 

 1        2        3-      2+      3         4         5       1-      5+      1

 

             133,3 cent       399,6 cent                    133,3 cent   133,3 cent           399,6 cent

 


Penulis : Toto Amsar Suanda

Pustaka : -

Sumber : -

Pencarian Terkait

Link Terkait

Photo
Audio
Video
Document