Kurawa

Kurawa - Tue, Feb 19 2013 14:14:35

 

Kurawa adalah sebutan bagi tokoh-tokoh dalam pewayangan turunan keturunan Prabu Kuru Raja Astinapura. Kurawa sering diidentikkan dengan tokoh antagonis, pelaku kejahatan yang bertabiat tamak dan rakus. Dalam cerita pewayangan, tokoh-tokoh Kurawa berjumlah 100 orang yang dipimpin oleh seorang raja bernama Suyudana atau Duryudana.

Kisah awalnya dimulai dari Resi Abiyasa dan Dewi Ambika yang melahirkan seorang putra Dretarasta yang matanya buta. Dretarasta buta disebabkan karena rasa ketakutan Dewi Ambika ketika akan bersenggama melihat mata Resi Abiyasa yang menyala-nyala. Oleh sebab itulah maka Drestarata lahir buta.

Drestarata adalah Raja Hastinapura yang menggantikan Pandu Dewanata karena ia lebih dulu meninggal. Istrinya bernama Gandari yang kemudian melahirkan tokoh-tokoh Kurawa. Anak pertamanya adalah Duryodana, yang kemudian merasa kecewa karena ayahnya mencalonkan Yudistira sebagai raja. Duryodana berselisih dengan Yudistira karena ia pun ingin menjadi penerus tahta Kerajaan Kuru di Hastinapura. Perselisihan kedua saudara keturunan Kuru itu dilerai melalui sebuah perundingan. Bisma kemudian memberi saran, agar Kerajaan Kuru dibagi dua. Wilayah Hastinapura diberikan kepada Duryodana, sedangkan Yudistira diberi wilayah yang tandus, miskin, yang dikenal dengan Kandawaprasta. Atas bantuan dari sepupu Yudistira, yaitu Kresna dan Baladewa, maka daerah yang gersang tersebut menjadi makmur dan megah, yang kemudian dikenal sebagai Indraprastha.

Di dalam cerita pewayangan terdapat sebuah tempat, yakni sebuah padang  yang sangat luas yang disebut dengan Kurusetra. Disebut demikian, karena dalam Bharata Yudha, tempat tersebut dijadikan ajang perang saudara di antara keturunan Raja Kuru.

 


Penulis : Toto Amsar Suanda

Pustaka : -

Sumber : -

Pencarian Terkait

Link Terkait

Photo
Audio
Video
Document