Info

Judul : Kotak Topeng

Penulis : Toto Amsar Suanda

Pustaka : -

Sumber : -

 

A - B - C - D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z

Kotak Topeng

- Tue, Feb 19 2013 14:11:29

 

Kotak topeng adalah sebuah wadah untuk menyimpan kedok-kedok dan peralatan pentas lainnya. Bentuknya persegi, mirip kubus dengan ukuran kira-kira: tinggi 75 cm, panjang 90 cm, dan lebar 75 cm. Bahannya terbuat dari papan kayu atau dari tikblok yang tebalnya sekitar 2 cm. Kayu yang dipakai biasanya kayu yang keras, misalnya kayu jati, mahoni, nangka, dan lain-lain. Kayu keras dibutuhkan untuk menahan hantaman alat pemukul dari pengeprak agar bagian dinding kotak itu tidak cepat rusak.  

Sebagian ruang bagian atas diberi tutup papan yang lebarnya sekitar 20 cm dan berfungsi untuk meletakkan sobrah atau tekes. Sedangkan tutupnya dibuat menjulang sekitar 35 cm dan bentuknya mirip piramid. Untuk memudahkan menutup dan membukanya, tutup kotak biasanya bisa di dibongkar-pasang yakni dengan cara memberikan engsel yang bisa dicopot. Agar serasi, kotak topeng biasanya dicat sewarna dengan cat gamelannya. Beberapa di antaranya ada juga yang dihiasi dengan ukiran dan ada pula yang diberi tulisan sesuai dengan nama grup topengnya, misalnya “Grup Topeng Adingrum” Desa Slangit, Kab. Crb., “Grup Topeng Panji Asmara”, dan lain-lain. Sebagian lagi ada yang dibiarkan polos, tanpa tulisan apapun.      

Dalam pertunjukan topeng Cirebon, kotak biasanya diletakkan di tengah-tengah pentas dan berada di bagian paling depan, terpisah dari gamelan. Kotak, bagi penari topeng, adalah puser atau pancer (pusat) saat ia mau mulai menari dan kembali setelah menari. Kedok-kedok yang ditarikan itu diambil dari dalam kotak dan dimasukkan kembali ke dalam kotak setelah selesai menari. Dari kotaklah kedok-kedok itu “dihidupkan” (ditarikan) dan dimatikan (selesai ditarikan).

Di samping fungsi praktisnya sebagai tempat penyimpanan kedok dan peralatan pentas, sisi kotak bagian kanan juga difungsikan untuk menggantungkan alat musik kecrek atau keprak. Kotak juga mempunyai makna sebagai pamiangan dan pangbalikan, atau makna sebagai awal dan akhir. Kotak adalah makna asal sesuatu dari “diadakan” dan “ditiadakan”.

Jika dihubungkan dengan kehidupan manusia, kotak adalah tempat asal kita dilahirkan (awal kehidupan) dan akhir kehidupan (mati). Kotak adalah gua garba sekaligus juga kuburan.

.