Info

Judul : Cawene

Penulis : Turyati

Pustaka : -

Sumber : -

 

A - B - C - D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z

Cawene

- Tue, Feb 19 2013 13:01:49

Cawéné  (bhs. Sunda) artinya perawan muda, adalah sebutan untuk anak perempuan yang tengah memasuki usia aqil-baligh, dan Anyar artinya baru. Di Jawa Barat dan di sebagian daerah Brebes, Jawa Tengah, sebutan cawéné anyar ditujukan bagi seorang anak perempuan yang berumur antara 9 sampai 12 tahun, yang baru melewati ritual gusaran atau potong gigi. Pada ritual tersebut, paraji mencuci buah serut dengan air bunga tujuh warna yang telah disediakan di dalam baskom. Kemudian anak perempuan tersebut disuruh membuang air cucian itu ke perempatan jalan sambil membelakangi.

Acara tersebut mempunyai makna simbolis, yakni air bekas cucian yang dibuang itu merupakan simbol dari mebuang kotoran badan si anak yang digusar untuk menghadapi masa remaja yang bersih dan masa depan yang baik.

Dahulu, anak yang digusar itu didandani dengan memakai kain dan berkebaya serta bersanggul dan dirias cantik seperti pengantin adat jaman dulu. Kini dandanan anak itu berkembang dengan memakai rok panjang atau long dress seperti pengantin barat. Pada acara gusaran biasanya ditanggap kesenian Burok. Pertunjukan dilakukan di jalanan, berliling kampung melewati jalan raya atau jalan desa.