A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

Tikar Media
Info

Judul : Arjuna

Penulis : Toto Amsar Suanda

Pustaka : Akbar Kaflola. 2010. Mengenal Tokoh Wayang Mahabharata. Cakrawala. Jakarta

Sumber : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat. "Ensiklopedi Seni Budaya Jawa Barat" Bandung 2012.

 

A - B - C - D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z

Arjuna

- Mon, Feb 25 2013 13:41:20

Arjuna, dalam bahasa Sansekerta arti harfiahnya adalah “bersinar terang”, “putih”, “bersih”, adalah anak ketiga dari Prabu Pandudewanata raja Hastinapura dari Dewi Kunti atau Dewi Pritha putri Prabu Surasena, Raja Wangsa Yadawa dari Mandura. Ia adalah seorang tokoh protagonis dalam wiracarita Mahabharata. Nama lainnya adalah Palguna, Jishnu, Kriti, Bratasresta, Wrehatnala, Janaka, Indraputra, Partha, Dananjaya, Wijaya, dan lain-lain. Ia juga mendapat julukan Kurusrestha yang berarti keturunan dinasti Kuru yang terbaik. Masing-masing nama mempunyai riwayatnya sendiri, misalnya julukan Wijaya karena selalu bertarung sampai akhir dan selalu menang; dipanggil Kriti karena diberi mahkota yang sangat indah oleh Dewa Indra (ayahnya); dipanggil Partha karena ibunya bernama Pritha dan bersumpah akan menghancurkan setiap orang yang melukai kakaknya Yudistira dan menaburkan darahnya di bumi.

Arjuna terkenal karena parasnya yang menawan, lemah-lembut tutur katanya, dan karakternya sangat halus dan mulia, berjiwa kesatria, selalu berhasil merebut kejayaan, sehingga ia mendapat julukan Dananjaya. Musuh seperti apapun akan ditaklukkannya, sehingga ia diberi julukan Parantapa, yang berarti penakluk musuh. Di antara semua keturunan Kuru, ia dijuluki Kurunandana, yang artinya putra kesayangan Kuru. Julukan lainnya yang diberikan kepadanya adalah Kuruprawira,  yang berarti Kesatria Dinasti Kuru yang terbaik atau Perwira Kuru.

Arjuna adalah murid kekasihnya Begawan Drona, terutama dalam hal panah-memanah. Arjuna adalah pemanah terbaik, sehingga mendapat julukan Maharathi yang berarti kesatria terkemuka. Pusaka panahnya yang terkenal adalah Pasupati, anugerah dari dewata yang dipergunakannya tatkala berperang melawan Karna dalam Bharatayudha. Busurnya bernama Gandiwa pemberian Dewa Baruna ketika ia hendak membakar hutan Kandawa. Ia juga mempunyai terompet kerang (sangkala) bernama Dewadatta, yang berarti anugerah dewa. Istrinya bernama Subadra dan mempunyai anak yang dinamainya Abimanyu.